Permainan-permainan
dibawah ini merupakan games dan outbond
1.
Boom 7
Peserta
diharuskan berhitung jika ketemu angka dan kelipatan 7 harus menyebutkan boom.
Contoh
: 1,2,3,4,5,6,boom,8,9,10,11,12,13,boom,15,16,boom, dan seterusnya…
Jika
peserta yang melanggar akan diberi sanksi yakni dikerjain.
Tujuan
: untuk melatih konsentrasi dan daya ingat para peserta.
2.
Puzzle
Peserta
/ kelompok diharuskan memasang gambar yang susunannya diacak. Intinya sih sama
seperti main puzzle biasa, Tapi ini dibutuhkan kecepatan dan ketelitian dalam
memasangnya. (soalnya di puzzle itu ada keywordnya dan diberi waktu hanya 1
menit).
Alat
yang digunakan : puzzle dan kertas.
Tujuan
: untuk melatih daya pikir, ketelitian dan kecepatan tangan.
3.
Komunikata
Salah
satu peserta dari kelompok memilih kalimat, lalu kalimat tersebut diaplikasikan
ke kelompoknya. Caranya kalimat tersebut harus dibisikan berurutan ke teman
kelompoknya dengan cara berbanjar / baris memanjang. Peserta yang paling ujung
harus memberikan hasil kalimat yang telah dibisikan ke panitia.
4.
Pipa Korupsi
Setiap
kelompok diharuskan mengisi air ke dalam pipa yang sisi pipanya sudah diberikan
lubang kecil. Kelompok yang dapat mengisi air lebih banyak ke dalam pipa dalam
waktu 10 menit maka ia adalah pemenangnya.
Tujuan
: untuk melatih tingkat kerjasama tim, kekompakan, kekreatifan dan daya nalar
peserta.
5.
Langkah Misteri
Awalnya
setiap peserta dalam kelompok harus menghadap membelakangi kotak angka 1-20,
lalu peserta bergiliran jalan menebak beberapa kotak angka dari 1-20. Agar
mereka dapat berjalan hingga ke angka 20, setiap peserta harus menebak kotak
tersebut ada yang bisa dilalui dan tidak dapat dilalui. Jika peserta melewati
kotak yang tidak dapat dilalui maka ia harus mengulang lagi dan mengantri ke
urutan terakhir.
Alat
yang digunakan : Karton / Koran yang di beri nomor 1-20 dan kertas.
Tujuan
: untuk melatih daya ingat, kerjasama tim, dan daya nalar.
6.
Lingkaran Setan
Semua
peserta dalam kelompok harus menyentuh bola plastik yang ada di tengah
lingkaran dengan dengan syarat tidak diperbolehkan anggota tubuh menyentuh
garis lingkaran dan setelah panitia berkata “mulai” maka anggota kelompok mulai
melepaskan tangannya dari menyentuh bola sesuai urutan giliran dalam lingkaran
tersebut. Bagi yang terakhir harus mengambil bolanya keluar lingkaran tersebut.
Tujuan
: untuk melatih kekompakan, daya nalar, dan kerjasama tim.
7.
Jejak Maut
Dalam
satu tim diharuskan menunjuk satu orang yang menjadi leader dan anggota sisanya
harus siap untuk ditutup matanya satu persatu. Setiap anggota kelompok
bergantian harus jalan melewati rintangan yang berupa gelas aqua, kardus, dan
sandal dengan mata ditutup kain / slayer dan orang yang menjadi leader harus
memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang matanya tertutup hingga ia
dapat mencapai garis finish. Tetapi saat leader dari satu kelompok memberikan
instruksi, panitia dan musuh dari kelompoknya dibolehkan memberikan instruksi
juga sehingga konsentrasi dari peserta yang ditutup matanya menjadi buyar.
Syarat
: kelompok yang sedang bermain harus ditutup matanya, kecuali orang yang
menjadi leader.
Tujuan
:
untuk
melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
untuk
melatih diri agar siap untuk dipimpin
untuk
melatih seseorang dalam jiwa kepemimpinan
untuk
melatih seberapa dekat mengenal suara teman kita dalam satu kelompok
8.
Trust your Friend
Permainan
ini hampir sama dengan permainan di atas, yakni Seluruh mata anggota kelompok
ditutup kain / slayer kecuali satu orang yang menjadi leader. Panitia akan
mengacak peserta yang ditutup matanya hingga berpencar satu sama lain. Seorang
leader bertugas memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang ditutup
matanya dan diharuskan membuat lingkaran kecil didepannya dan saling
berpegangan. Ketika leader memberikan instruksi, panitia berusaha membuyarkan
daya pikir mereka dengan cara panitia memberikan instruksi juga dan mengatur
gerakan mereka.
Tujuan
:
Untuk
melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
Untuk
melatih jiwa kepemimpinan terhadap seorang
Untuk
melatih tingkat kekompakan dan kerjasama tim
9.
SpiderWeb
Setiap
anggota kelompok harus melewati jarring-jaring yang telah dibuat panitia dengan
tidak menyentuh tali yang dibuat panitia dan setiap jaring-jaring yang sudah
dimasuki oleh anggotanya tidak boleh lagi dimasuki oleh anggota kelompok yang
lainnya.
Tujuan
: untuk melatih kekompakan, kebersamaan dan solidaritas.
10.
Kotak Berganda
Seluruh
anggota harus dapat masuk dalam kotak yang ukurannya mulai besar hingga kecil.
Dan seluruh anggota dilarang keluar kotak / garis yang ditentukan oleh panitia.
Peserta harus bertahan di kotak terakhir / kotak terkecil selama 30 detik.
Tujuan
: untuk melatih rasa solidaritas, kekompakan dan kebersamaan
11.
Kertas Panas
Setiap
peserta kelompok diharuskan melipat sebuah kertas menjadi 10 sisi (tergantung
jumlah anggota kelompok) di sisi pertama dituliskan nama anda masing-masing.
Setiap peserta diharuskan mengisi setiap sisi tentang pandangan mereka terhadap
peserta yang bersangkutan dalam waktu 10 detik / peserta kelompok dengan cara
kertas diputar secara bergilir.
Alat
yang digunakan : kertas dan pulpen / pensil.
Tujuan
: untuk mengetahui pandangan rekan sekelompok terhadap diri peserta.
12.
Botol Metal
Satu
kelompok akan diberikan 5 bola kertas yang harus dilemparkan ke botol yang
telah disediakan panitia. Peserta dalam melemparkan bola kertas akan diberikan
jarak 10 meter.
Alat
yang digunakan : botol beling dan bola kertas / bola koran.
Tujuan
: untuk melatih tingkat ketepatan peserta dalam menganalisa suatu masalah
13.
Konsentrasi Style
Setiap
peserta harus menghapalkan semua nama gerakan yang diberikan panitia, jika
panitia menyebutkan kata yang diinginkan maka peserta harus menunjukan salah
satu gerakan yang tak disebutkan. (intinya hampir sama permainan pundak lutut
kaki).
Tujuan
: untuk melatih konsentrasi
0 komentar:
Posting Komentar