Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
10.1
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
10.1.1
Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
10.1.2
Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara lancar untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
10.2
Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk recount dan narrativ.
|
10.2.1
Menunjukan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan dalam teks berbentuk narative
10.2.2
Menunjukan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara lancar untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam teks
berbentuk narative
|
11.1
Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana
berbentuk recount dan narrative
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar.
|
11.1.1
Menyebutkan makna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk
narative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar.
|
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
|
11.2.1
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara lancar
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
|
11.3
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative
|
11.3.1
merespon makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk nararative.
11.3.2
merespon makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk nararative.
|
12.1.
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
12.1.1
Menjelaskan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
12.1.2
Menerangkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
12.2.
Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative.
|
12.2.1
menerangkan makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk narative.
12.2.2
menerangkan makna dan langkah retorika dalam essei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara lancar untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar berbentuk narative.
|
Mousdeer and
crocodile
One day
Mousedeer saw a lot of fruits on the other side of the river. He wanted to
eat them but he could not cross the river.
There were
many crocodiles there, but there was no bridge across the river. The
Mousedeer suddenly had an idea. He stood on the river side and called out. “Hello. Is anybody there?”
Crocodile heard him, he swam fast to meet
Mousedeer, and answered, “Hello, Mousedeer. How are you? Please come in.” He pretended to be
friendly. He had a plan. As soon as Mousedeer got near, he would snap him and eat him for breakfast.
But Mousedeer was standing on top of a big stone.
In a proud voice he said, “Crocodile, I’m here to do the King’s order. The
King will give away free meat to all crocodiles. He has sent me to count
the number of all the crocodiles here.” Crocodile was so happy that he forgot his plan to eat Mousedeer.
“Really? How will you count us?”
“Please call all your family, friends, and neighbours. Tell them to
line up from here to the other side of the river,” ordered
Mousedeer. Before long, all the
crocodiles were in a long line across the river. Then, Mousedeer jumped into the back of one
crocodile to another, counting
loudly “One, Two, Three, Four.” When he got to the last crocodile he said
“One hundred!” and quickly jumped up to the land. “How many are we?” asked
Crocodile. “One hundred. Hahaha, I fooled you! Thanks for giving me a
bridge to cross the river. Bye!”
|
NO
|
vocabularies
|
meaning
|
1
|
Mousedeer
|
kancil
|
2
|
Crocodile
|
buaya
|
3
|
bridge
|
Jembatan
|
4
|
pretended
|
berpura-pura
|
5
|
Snap
|
mendadak menggigit
|
6
|
proud
|
bangga/angkuh
|
7
|
Fooled
|
mengelabui
|
because-clause, main clause
main clause + because-clause |
… because of + noun (phrase) / pronoun / verb-ing
|
|||
Because (of)
|
Contoh Kalimat Because (of)
|
||
Because
|
We are all here because today is your birthday.
|
||
Because he didn’t feel well, he
went to bed early.
(Karena dia tidak merasa sehat, dia pergi tidur lebih awal.) |
|||
Because of
|
+ noun (phrase)
|
The productivity of maize and wheat may decline because of climate
change.
|
|
+ pronoun
|
We are all here because of you.
|
||
+ verb-ing
|
Because of not feeling well, he
went to bed early.
|
||
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
·
Brainstorming, guru memberikan gambar tentang kancil dan buaya
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Memberikan teks narative berupa cerita tentang binatang
·
Siswa membaca naskah yang berisi text berbentuk narrative secara nyaring sehingga didengar oleh seluruh teman
sekelas.
·
Memberikan kosa kata yang sulit dipahami siswa
·
Siswa mendiskusikan isi teks yang dibaca
Elaborasi
·
Merespon sebuah teks narrative yang dibaca
·
Mengidentifikasi
informasi tertentu dari
teks yang
dibaca
·
Menjawab pertanyaan
yang berhubungan dengan teks.
Konfirmasi
·
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu lima kelompok
·
Masing masing kelompok dipilih satu orang sebagai voluntir untuk
membacakan text kepada temannya. Kemudian anggota kelompok secara bergantian
maju kepada pembaca text dan menghafalkannya dan dengan cepat memberikan apa
yang telah dibaca kepada salah satu orang yang bertugas untuk menuliskannya
di atas kertas
·
Guru hanya memberikan waktu sedikit akan tetapi siswa dituntut untuk
menyelesaikan semua text
·
Pemenang dari games ini adalah yang mendapatkan cerita terbanyak dan
dengan penulisan yang tepat dengan waktu yang singkat.
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya atau tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru meminta salah
satu peserta didik untuk memimpin doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Menerangkan tentang pengetian narative text, macam narative text, generic
structure dari narative, dan linguistic feature dari narative.
·
Siswa membaca cerita yang berisi text berbentuk narrative.
·
Memberikan kosa kata yang sulit dipahami siswa
·
Siswa mendiskusikan isi teks yang dibaca
Elaborasi
·
Merespon sebuah teks narrative yang dibaca
·
Mengidentifikasi
informasi tertentu dari
teks yang
dibaca
·
Menjawab pertanyaan
yang berhubungan dengan teks.
Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang tugas yang sudah
dikerjakan.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru meminta salah
satu peserta didik untuk memimpin doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Membagikan
teks narrative berjudul “beanstalk”
·
Meminta
siswa membaca teks narrative yang telah dihilangkan beberapa kata di dalamnya
·
Memberikan vidio berupa cerita narative
Elaborasi
·
Menonton video
cerita “beanstalk”
·
Meminta
siswa mengisi kata-kata yang kosong pada lembar yang telah disediakan
Konfirmasi
·
Mendiskusikan
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dri teks narrative “beanstalk”
· Guru mengoreksi hasil kerja siswa
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
20 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru meminta salah
satu peserta didik untuk memimpin doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Memberikan vidio berupa cerita tentang narative
·
Siswa membaca cerita yang berisi text berbentuk narrative.
·
Memberikan contoh past tense dan past qontinous tense dalam text narative
Elaborasi
·
Merespon sebuah teks narrative yang ditonton
·
Mengidentifikasi
informasi mengenai past tense dan past qontinous dalam text narative
·
Menjelaskan penggunaan dan formula dari past tense dan past
qontinous
·
Memberikan tugas tentang membuat kalimat past tense dan past qontinous
Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang tugas yang sudah
dikerjakan.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Memberikan contoh berupa cerita tentang narative
·
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan text naratve beserta dialognya
(sesuai pertemuan sebelumnya)
Elaborasi
·
Siswa diminta maju kedepan kelas secara bergilir sesuai kelompoknya untuk
memainkan drama mengenai text narative sesuai dialog yang telah dibuatnya
(pada pertemuan sebelumnya)
·
Siswa lain diminta untuk menyimak dan mendengarkan
Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang tugas yang sudah
dikerjakan.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru meminta salah
satu peserta didik untuk memimpin doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Membagikan
teks narrative berjudul “Lion and the mouse”
·
Memberikan vidio berupa cerita narative
Elaborasi
·
Menonton video “lion and the mouse”
·
Meminta
siswa untuk menuliskan
kalimat past tense dan past qontinous yang didengarnya pada video “lion and
the mouse”
Konfirmasi
·
Mendiskusikan
kalimat past
tense dan past qontinous yang ada video narrative “lion and the mouse”
· Guru mengoreksi hasil kerja siswa
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
20 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Memberikan contoh menuliskan kembali drama yang dimainkan dipertemuan
sebelumnya.
·
Guru meminta siswa untuk mengingat kembali cerita narative yang dimainkan
pada pertemuan sebelumnya
Elaborasi
·
Siswa diminta untuk menuliskan kembali text narative yang telah dimainkan
pada drama di pertemuan sebelunya.
Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang tugas yang sudah
dikerjakan.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Guru
mengoreksi dan menilai hasil kerja siswa
|
60 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru meminta salah
satu peserta didik untuk memimpin doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Menerangkan tentang perbadaan because dan because of dan penggunaannya
·
Memberikan contoh kalimat yang mudah dipahami siswa
Elaborasi
·
Merespon sebuah kalimat yang berhubungan dengan sebab akibat
yang
dibaca di depan
·
Mengidentifikasi penggunaan because dan because of pada sebuah kalimat
·
Menyusun beberapa kalimat acak mengenai because dan
because of
a. Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang tugas yang sudah
dikerjakan.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru meminta salah
satu peserta didik untuk memimpin doa bersama
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
b. Eksplorasi
·
Membagikan teks lagu berjudul
“Boulevard”
·
Meminta
siswa membaca teks lagu yang telah dihilangkan beberapa kata di dalamnya
c.
Elaborasi
· Memeperdengarkan
lagu “Boulevard”
· Meminta
siswa mengisi kata-kata yang kosong pada lembar yang telah disediakan
d. Konfirmasi
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
· Mendiskusikan
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dari teks lagu “Boulevard”
·
Guru mengoreksi hasil
kerja siswa
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
20 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Memberikan contoh berupa conversation yang biasa digunakan ketika meminta
pertolongan dan menawarkan pertolongan.
·
Menjelaskan penggunaan “can, may, maight and would” pada expression to
ask and offer a help.
·
Guru membagi siswa menjadi kelompok berpasangan
·
Guru meminta siswa untuk menuliskan dan menghafalkan conversation
mengenai meminta dan menawarkan pertolongan.
Elaborasi
·
Siswa diminta maju kedepan kelas berpasangan sesuai kelompoknya untuk
meghafalkan dialog yang telah dibuatnya.
·
Siswa lain diminta untuk menyimak dan mendengarkan
e. Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik kepada siswa tentang tugas yang sudah
dikerjakan.
·
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pekerjaan yang sudah
diselesaikan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang belum memahami materi yang
dibahas.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
·
Brainstorming, guru memberikan gambar brosur
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Menjelaskan pengertian, cara pembuatan brosure, dan macam macam brosure
·
Siswa membaca brosure
yang ditampilkan di depan kelas
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
·
Siswa mendiskusikan isi brosur bersama dengan teman sekelompoknya
Elaborasi
·
Merespon sebuah brosur yang dibaca
·
Mengidentifikasi jawaban yang berkaitan mengenai isi brosur
·
Menjawab pertanyaan
yang berhubungan dengan brosur.
·
Dan membuat brosur sederhana sesuai kriteria yang telah di sebutkan
Konfirmasi
·
Masing masing kelompok dipilih satu orang sebagai voluntir untuk
membacakan jawabannya kepada temannya, siswa yang lain menyimak dan
memperhatikan kelompok lain yg presentasi.
·
Guru menjelaskan jawaban yang tepat kepada siswanya
·
Guru memberi nilai mengenai brosure yang dibuat dari tiap tiap kelompok.
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya atau tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah.
|
10 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Kegiatan awal
·
Guru mengucapkan
salam
·
Guru mengecek kehadiran peserta didik
·
Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
Eksplorasi
·
Meminta siswa mempelajari kembali materi yang telah diajarkan seperti
narative text, past tense dan past qontinous, expression to ask and offer
ahelp, because and because of, dan brosur
Elaborasi
·
Mengajak
siswa bermain game “jig saw”
Prosedur
game:
1.
Guru membagi
siswa ke dalam lima kelompok
2.
Setiap kelompok menempati posnya masing masing
3.
Guru
menyiapkan lima soal yang berbeda dan satu materi berbeda untuk 1 perwakilan tiap
kelompok
4.
Salah satu
perwakilan kelompok maju ke depan untuk mengambil 1 materi dan 5 soal
5.
Satu orang yang membawa materi dan soal berdiam diri di pos masing masing
6.
Anggota kelompok mendengarkan materi yang telah di berikan pada pos
masing masing dan mengambil satu soal untuk dikerjakan bersama anggota
kelompok
7.
Dalam menit ke lima guru meminta anggota kelompok untuk pindah pada pos
berikutnya, jadi kelompok 1 pindah ke kelompok 2 dan kelompok 2 pindah ke
kelompok 3 begitu seterusnya.
·
Yang paling tepat dan cepat yang mendapatkan poin tertinggi.
Konfirmasi
·
Guru
mengoreksi dan menilai hasil kerja siswa
·
Guru
memberikan feedback dari hasil kerja siswa
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
·
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat rangkuman atau kesimpulan
·
Guru mengajukan
pertanyaan kepada peserta
didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·
Melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya atau tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah.
|
10 menit
|
No
|
Aspek
yang dinilai
|
|
1
|
Kelancaran
(fluency) :
-
lancar
-
cukup lancar
-
kurang lancar
-
tidak lancer
|
4
3
2
1
|
2
|
Kosa
kata (Vocabulary) :
-
Penggunaan Kosa kata
luas
-
Penggunaan kosa kata
cukup luas
-
Penggunaan kosakata
kurang luas
-
Penggunaan kosa kata
sedikit
|
4
3
2
1
|
3
|
Structure
:
-
Struktur kalimat banyak yang sudah tepat
-
Struktur kalimat
cukup banyak
-
Struktur kalimat
kurang tepat
-
Strukture kalimat
tidak tepat
|
4
3
2
1
|
4
|
Listening
comprenension :
-
Memahami dan merespon kawan bicara dengan baik
-
Cukup memahami dan merespon kawan bicara
-
Kurang memahami dan
merespon kawan bicara
-
Tidak memahami danm
merespon kawan bicara
|
4
3
2
1
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Max 16
|
No.
|
Indikator
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Skor
|
1
|
Kehadiran
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aktivitas
bertanya
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketepatan
waktu mengumpulkan tugas
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kelengkapan
alat belajar
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Membaca
buku referensi
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Kerja
sama dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kerapian
hasil pekerjaan
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Kejelasan
hasil pekerjaan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Guru Pamong MTs N Malang 1
Dyah Khomsiyati W.M, S.Pd
NIP.196811071998022002
|
Peserta PKL
Alif Nur Aini
NIM. 11320115
|